Skip to main content

BAB 7 PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN

Silakan baca agan-agan yang ingin lebih tau banyak dari fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia.

Hasil gambar untuk PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN

BAB 7

PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN

Tujuan Pembelajaran

      ·         Mengetahui definisi dan perbedaan pelatihan dan pengembangan (training and development)
      ·         Mengetahui langkah-langkah dalam menyusun program pelatihan dan pengembangan
      ·         Mengetahui metode-metode pelatihan dan pengembangan


Pelatihan dan Pengembangan (training and development)

Pekerja yang bagus dan kompeten tidak menjamin ia bisa bekerja dengan baik, oleh karena itu dibutuhkan adanya pelatihan dan pengembangan.

Pelatihan dan pengembangan merupakan dua terminologi yang berbeda tetapi sering kali dianggap sebagai hal yang sama. Pelatihan yaitu pendidikan yang membantu pekerja untuk melaksanakan pekerjaannya saat ini, pengembangan adalah pendidikan yang membantu pekerja untuk bisa melaksanakan pekerjaan yang akan diembannya kelak.

Perbedaan pengembangan dan pelatihan adalah terletak pada rentang waktu (time horizon). Pelatihan fokus pada pekerjaan yang dilakukan saat ini (now), sedangkan pengembangan fokus pada pekerjaan yang akan diembannya kelak (future).

Pelatihan dan pengembangan memiliki manfaat bagi individu, manfaat pelatihan dan pengembangan:
Manfaaat bagi perusahaan:

       ·         Meningkatkan profibilitas
       ·         Meningkatkan pengetahuan dan keahlian kerja
       ·         Meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja
       ·         Meningkatkan efisiensi dna mengurangi biaya operasi yang diakibatkan karena kesalahan                    operasional
       ·         Meningkatkan pengembangan organisasi (organizational development)

Manfaat bagi individu:
      ·         Membantu pekerja menyelesaikan masalah kerja yan mungkin timbul
      ·         Meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja individu
      ·         Meningkatkan kepercayaan diri dan pengembangan diri individu
      ·       Menyelidiakan informasi kepada pekerja tentang cara untuk mengembangkan kemampuan                   kepemimpinan komunikasi, dan sikap individu
      ·         Membantu pekerja untuk membuat keputusan yang lebih baik, cepat, dan efesien.


Langkah-langkah Penyusun Program Latihan dan Pengembangan

      1.  Analisis Kebutuhan (need analysis)
Analisis kebutuhan adalah proses diagnosis permasalahn-permasalahan yang dan kemungkinan tantangan-tantangan yang harus dihadapi kelak. Dari psoses analisis yang bisa diketahui kesenjangan (gap) antara kemampuan dan keahlian pekerja dengan situasi kerja yang dihadapi saat ini dan yang akan datang.
Proses analisis kebutuhan memberikan informasi kepada perusahaan mengenai jenis pelatihan dan pengembangan apakah yaang dibutuhkan oleh pekerja guna meningkatkan efektivitas dan efesiensi perusahaan.

      2.  Penyusunan Tujuan Pelatihan dan Pengembangan (training and development objective)
Penyusunan tujuan pelatihan dan pengembangan dilakukan untuk memastikan bahwa program pelatihan dan pengembangan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan dan bisa segera dikoreksi apabila ditemukan penyimpangan.
Tujuan pelatihan dan pengembangan harus disebutkan dengan jelas hasil-hasil apa yaang diharapkan dari  pelaksanaan program ini. Acuannya untuk melaksanakan penilaian efektivitas pelatihan dan pengembangan (training and development effectiveness).

      3.  Program Content
Merupakan daftar dari materi-materi yang disampaikan selama proses pelatihan dan pengembangan berlangsung. Dalam program content  juga dijelaskan mengenai metode apa yang akan dipilih untuk menyampaikan materi-materi tersebut.


Learning principle terdiri dari:
     ·         Paticipation, yaitu prinsip bahwa pembelajaran akan lebih cepat untuk dicerna apabila peserta             diajak untuk berpatisipasi secara aktif selama proses belajar.

     ·     Repetition, yaitu prinsip bahwa pembelajran akan lebih cepat dipahami dan menempel lebih lama       apabila dilakukan secara berulang-ulang.

     ·     Relevance, yaitu prinsip materi belajar harus dipahami manfaatnya bagi peserta apabila mereka           mengusai materi tersebut.

     ·     Transference, yaitu prinsip bahwa materi belajar harus labih cepat dipahami dan dicerna apabila         dikaitkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari atau permasalahan nyata dilapangan. Jadi             tidak hanya berisi tentang teori-teori belaka.

     ·    Feedback, yaitu prinsip bahwa pengajar harus memberikan umpan balik kepada para peserta                mengenai sebarapa jauh kemajuan mereka serta melakukan diskusi mengenai kesulitan-kesulitan        yang mungkin dihadapi peserta selama proses belajar.


4. Evaluasi Pelatihan dan Pengembangan (evaluation of training and development)

   ·      Reaction, yaitu penilaian yang didasarkan pada respon dari para trainee terhadap materi dan                 proses pembelajaran selama pelatihan dan pengembangan berlangsung.

   ·    Knowledge, yaitu penilaian yang didasarkan pada bertambah atau tidaknya pengetahuan,                      kemampuan, dan keahlian pekerja setelah mengikuti program pelatihan dan pengembangan.

   ·    Behavior, penilaian yang didasarkan pada ada tidaknya perubahan perilaku pekerja setelah mengikuti  pelatihan dan pengembangan.

  ·  Improvement, yaitu penilaian yang didasarkan pada ada tidaknya peningkatan efesiensi, efektivitas,  produktivitas,  dan kualitas kerja individu setelah  mengikuti program pelatihan dan pengembangan.

s   @Silakan mungkin agan-agan ada yang mau beri saran atau masukan selama Bab 1- Bab7. TerimaKasih.

Comments

Popular posts from this blog

BAB 6 ORIENTASI, PENEMPATAN, DAN PEMISAHAN

Selamat malam agan-agan yang yang sudah melihat blog saya, dalam Bab 6 saya share tentang Definisi dan Jenis-jenis Orientasi, Penempatan, dan Pemisahan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. BAB 6 ORIENTASI, PENEMPATAN, DAN PEMISAHAN Tujuan Pembelajaran ·          Mengetahui proses orientasi dan hal-hal yang diperkenalkan selama proses ini. ·          Mengetahui definisi dan jenis-jenis penempatan ( placement ). ·          Mengetahui definisi dan jenis-jenis pemisahan ( separation ) Orientasi Kita akan mempelajari orientasi (orientation), penempatan ( placement ), dan pemisahan ( separation ). Proses orientasi berkaitan dengan sosialisasi yaitu proses yang memperkenalkan pekerja baru terhadap nilai-nilai, norma, dan belief yang ada dan dianut oleh organisasi sehingga ia menjadi mengerti, menerima, dan menjalankannya. Orientas...

BAB 8 PERENCANAAN KARIER

BAB 8 PERENCANAAN KARIER TUJUAN PEMBELAJARAN:       ·          Mengetahui definisi istilah-istilah dalam manajemen karier       ·          Mengetahui manfaat-manfaat perencanaan karier Istilah-istilah dalam Perencanaan Karier Karier tidak semata-mata urusan individu saja, tetapi juga menjadi perhatian semua pihak (terutama bagian sumber daya manusia) dalam perusahaan. Beberapa istilah-istilah berkaitan dengan karier yang perlu diketahui:        ·          Karier ( career ), yaitu semua pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang selama masa hidupnya        ·          Career Path, yaitu pola-pola sekuensi atau jalur yang ditempuh oleh seseorang dalam karier                mereka. ...

BAB 11 INSENTIF DAN GAINSHARING

Selamat malam agan-agan semuanya saya pada malam ini ingin melanjutkan pengertian Insentif dan Gainsharing apa sihhh maksud dari keduanya itu dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. Silakan agan-agan semuanya simak dibawah ini. BAB 11 INSENTIF DAN GAINSHARING Tujuan Pembelajaran       ·          Mengetahui pengertian insentif dan gainsharing       ·          Mengetahui jenis-jenis insentif       ·          Mengetahui jenis-jenis gainsharing Pengertian Insentif dan Gainsharing Insentif dan Gainsharing digunakan oleh perusahaan sebagai salah satu strategi untuk memotivasi para pekerjanya untuk berkinerja secara optimal. Secara sederhana insentif diartikan sebagai salah satu bentuk kompensasi perusahaan kepada pekerjanya didasarkan pada kinerja yang ditunjukkannya. Gainsharing diartikan s...